Senin, 19 September 2011

Buku TTS Pilihan Kompas, Obat Anti Pikun, Stress dan Darah Tinggi

Siapa bilang mengisi teka teki silang cuma pekerjaan iseng para pemalas dan penganggur? Siapa bilang TTS bukan soal penting dan serius?

Meski terkesan sebagai hal sepele, teka teki silang alias TTS punya banyak pesona. TTS dapat menyadarkan kita bahwa dari sebuah kata kita bisa bercerita banyak hal. TTS juga dapat menjadi sarana melatih diri untuk belajar. TTS juga bermanfaat untuk menambah perbendaharaan kat. Setidaknya, TTS bisa menjadi teman setia di kala senggang.

---

Sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan, kebiasaan mengisi teka teki silang alias TTS mampu meningkatkan fungsi kerja otak dan mencegah kepikunan dini. Riset medis lain membuktikan, sifan fun tapi tetap learning dari TTS juga bisa mencegah demensia karena menumbuhkan efek menyegarkan ingatan. TTS kabarnya juga obat mujarab untuk menurunkan tekanan darah yang melonjak gara-gara stres.

Hampir semua surat kabar di dunia -koran gosip maupun yang serius- memiliki rubrik TTS. New York Times, salah satu surat kabar paling bergengsi di dunia punya rubrik itu. Kompas, koran nasional terbesar juga punya rubrik teka teki sejak pertama terbit pada 1965.

Siapakah penemu TTS? Apa yang dimaksud dengan TTS bergaya Cryptic? Apa itu Paguyuban Kaki Langit dan siapa saja anggotanya? Penasaran? Jawabannya semua ada dalam buku untuk semua umur ini.

Kementerian Pendidikan Italia pernah menganjurkan agar TTS masuk dalam kurikulum sekolah. TTS dianggap bisa membantu para siswa belajar dan mengembangkan kosakata, sekaligus menjadi permainan yang menyenangkan. TTS menjadi alat pedagogi yang mengandung unsur fun dan hard, tidak cuma menyenangkan tapi juga melatih siswa berusaha keras dalam menemukan setiap jawaban.

Asal tahu saja, di masa Perang Dunia II, TTS sempat menggegerkan jajaran petinggi militer Sekutu. Pasalnya, menjelang invasi Sekutu ke Pantai Normandia, 6 Juni 1944, koran Inggris The Daily Telegraph memuat TTS yang mengandung kata-kata sandi rahasia utama invasi ke Pantai Normandia, yaitu Utah, Omaha, Mulberry, Neptune, dan Overlord. Panglima pasukan Sekutu Jenderal Eisenhower curiga, rencana penyerbuan telah bocor dan disiarkan via TTS untuk kepentingan Jerman Nazi.

Buku ini dijamin memberi pengetahuan luas dan dalam tentang bagaimana awal terciptanya TTS di Inggris serta bagaimana TTS terus tumbuh menjadi bentuk-bentuk inovatif di berbagai negara lain. Juga ada wawancara dengan pengarang senior TTS Kompas Rumeli Moeshar, sarjana teknik yang menggeluti bidang TTS hingga saat ini; serta cerita tentang Hipetisi (Himpunan Pengarang Teka Teki Silang Seluruh Indonesia).


MILIKI SEGERA
Bukunya di Toko Buku Gramedia Istana Plaza


Rp.58.000,-



Rp.48.000,-


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar